AWAL BULAN HIJRIYAH 1437 DI TAHUN 2016 MASEHI

AWAL BULAN HIJRIYAH 1437 DI TAHUN 2016 MASEHI

AWAL BULAN HIJRIYAH 1437 DI TAHUN 2016 MASEHI ini saya posting sebenarnya untuk keperluan pribadi Saya sendiri Karena Penulis Sering sekali tidak ingat  kapan pergantian bulan/tanggal  untuk bulan Islam/Hijriah maka Posting kali ini adalah catatan awal bulan Hijriah Tahun ini sebagai catatan dan pengingat Diri pribadi akan kapan pergantian bulan penanggalan kalender Islam/hijriah yang perhitungan Tahun/penanggalan ini di mulai sejak RASULULLAH Nabi Muhamad SAW Hijrah dari mekah ke Madinah yang hingga saat ini sudah di tahun 1436. Saya Pribadi Lebih Teringat Pada Penanggalan Syamsiyah atau Masehi Yang Saat ini sudah di Tahun 2015 karena inilah yang menjadi Penanggalan Nasional di Indonesia.


AWAL BULAN HIJRIYAH 1437 DI TAHUN 2016 MASEHI
Pergantian bulan hijriah terjadi pada petang hari, hari sebelumnya karena pergantian bulan hiriah di hitung berdasarkan peputaran bulan tidak sebagaimana penanggalan masehi yang pergantian hari maupun bulan terjadi pada tengah malam. sebagai contoh tanggal satu Rabiul awal bertepatan dengan hari jumat tanggal satu januari berarti tanggal satu Rabiul awal dimulai hari kamis di petang harinya. Kenapa bisa begitu silahkan baca posting terdahulu  PERGANTIAN TANGGAL BULAN HIJRIAH
Catatan awal Bulan Kalender Islam Tahun 1436H Di Tahun ini 2015:
    Tanggal satu Rabiul Tsani bertepatan dengan hari Selasa tanggal 12 Januari
    Tanggal satu Jumadil Ula bertepatan dengan hari Rabu tanggal 10 Februari
    Tanggal satu Jumadil Tsaniyah bertepatan dengan hari Kamis tanggal 10 Maret
    Tanggal satu Rajab bertepatan dengan hari Sabtu tanggal 9 April
    Tanggal satu Sya'ban bertepatan dengan hari Ahad/Minggu tanggal 8 Mei
    Tanggal satu Ramadhan bertepatan dengan hari Senin tanggal 6 Juni
    Tanggal satu Syawal bertepatan dengan hari Rabu tanggal 6 Juli
    Tanggal satu Dzulqo'dah bertepatan dengan hari Kamis tanggal 4 Agustus
    Tanggal satu Dzulhijjah bertepatan dengan hari Sabtu tanggal 3 September
    Tanggal satu Muharam bertepatan dengan hari Ahad/Minggu tanggal 2 Oktober
    Tanggal satu Syafar bertepatan dengan hari Selasa tanggal 1 November
    Tanggal satu Rabiul Awal bertepatan dengan hari Kamis tanggal 1 Desember.

Itulah awal bulan Hijriah atau penanggalan Kalender Islam Tahun Ini 1437 - 1438 Hijriah yang dalam penaggalan nasional pada tahun 2015 Masehi yang saya kutip dari kalender di rumah. Tahun hijriah di mulai bulan Muharam dan bulan muharam 1437H terjadi pada tanggal 14 Oktober 2015 sebagaimana posting terdahulu AWAL BULAN HIJRIYAH 1436 DI TAHUN 2015 MASEHI.

Tahun baru 1438 Hijrah berdasar kalender di rumah penulis akan terjadi pada tanggal 2 Oktober 2016Masehi.
Pergantian tanggal dan bulan Hijriah Begini sering banget saya lupa tahu tahu ketika kebetulan langit cerah  habis mahgrib keluar rumah melihat bulan di barat sudah terlihat bulan sabit terlihat agak tinggi yang menandakan sudah lewat pergantian bulan, mungkin tanggal dua atau tiga dan sering kelupaan tentang amalan di bulan baru sebagai contoh DO'A AWAL BULAN





Terimakasih Telah Membaca: "AWAL BULAN HIJRIYAH 1437 DI TAHUN 2016 MASEHI" Jika Berkenan Silahkan Bagikan Pada Kawan-kawan Di:

Twitter Google+ Fb Share
Posted by Mus Jono, Published at 23.13 and have 0 komentar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar