BINATANG UNIK DI PENGHUJUNG MUSIM PENGHUJAN

BINATANG UNIK DI PENGHUJUNG MUSIM PENGHUJAN

Di penghujung musim huja kira kira saat masuk bulan Februari Di tempat saya muncul binatang sejenis serangga yang sangat unik dan hanya ada di penghujung musim hujan saja. Serangga yang dinamai GARENG ini sangat nyaring sekali saat mengeluarkan suara.

Binatang ini di beri nama GARENG karena suaranya yang nyaring berbunyi "iyrenggggggiyrenggggiyrengg" sehingga di namanya GARENG. Bentuk tubuhnya mirip-mirip lalat namun badanya besar Sebesar ibu jari.

Binatang ini muncul hanya setahun sekali di penghujung musim hujan saja setelah berwujud serangga dengan nyaring suara yang pada umumnya bunyi serangga adalah untuk menarik lawan jenisnya untuk melangsungkan perkawinan. Setelah kawin Gareng akan meletakkan telur dalam tanah lalu matilah dia. Perubahan wujud/Metamorfosis dari telur berubah menjadi larva yang di daerah saya dinamakan uret/embok-embok hingga menjadi Serangga lagi butuh waktu hampir setahun lamanya, sehingga Serangga yang bernama Gareng hanya ada dipenghujung musim hujan saja, Makanya Penghujung Musim Hujan di Daerah saya di namakan Mongso/Musim Mareng karena hanya pada saat itulah adanya binatang/Serangga Gareng ini.

Masih adalagi beberapa binatang/Serangga yang mirip Gareng ini namun siklus hidupnya tidak hanya setahun sekali namun hampir semua musim ada. Serangga yang hampir sejenis Gareng ini diantaranya

Nonggeret bentuk tubuhnya sama dengan Gareng hanya tubuhnya lebih kecil, hanya sebesar Ujung jari kelingking. Dinamakan Nonggeret dinamakan berdasarkan buyi yang di keluarkan serangga ini yang berbunyi "nog geretttttttt nong gertttt" serangga ini biasanya berbunyi di siang hari dan hanya ada di daerah dengan ketinggian tertentu saja.

Ada juga SERETETE Yang bentuknya sama dengan GARENG maupun Nonggeret hanya beda ukuran tubuhnya saja, ukuran tubuhnya sebesar ujung jari telunjuk. Serangga ini juga hanya ada di daerah dengan ketinggian tertentu dan Bersuara hanya menjelang Petang hari.

Itulah Binatang/Serangga unik Ada GARENG Yang hanya hidup Di musim Tertentu Begitu juga ada Nonggeret dan SERETETE yang hidupnya hanya ada di daerah dengan ketinggian tertentu tidak semua tempat menjadi habitatnya, Beda lagi dengan Serangga ANGGEANGE/ORONG-ORONG yang uniknya adalah ada pecahan kayu dalam tubuhnya yang terdapat cerita legeda kenapa sampai ada pecahan kayu dalam tubuhnya yang mana habitat ANGGEANGGE/ORONGORONG lebih luas dan hampir setiap daerah ada.





Terimakasih Telah Membaca: "BINATANG UNIK DI PENGHUJUNG MUSIM PENGHUJAN" Jika Berkenan Silahkan Bagikan Pada Kawan-kawan Di:

Twitter Google+ Fb Share
Posted by Mus Jono, Published at 23.08 and have 0 komentar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar